Rabu, 22 Juli 2015

4 Alasan Mengapa Harga Diri Anda Direndahkan

Hai sobat kelontongers... Disini saya akan membahas tentang suatu hal yang berkaitan dengan Harga diri. Sebelumnya apa sih Harga Diri itu sahabat kelontong ?


Menurut wikipedia, Harga Diri atau Self Esteem adalah sebuah pandangan keseluruhan dari
individu tentang dirinya sendiri.

Nah, disini jika saya menyebut tentang Harga diri pastinya akan banyak sekali masalah yang telah terjadi oleh sahabat-sahabat kelontong sekalian.

Saya ambil contoh : Korban pembully-an, Dipermalukan di depan umum, Dihina, Diejek, Di kucilkan. Itu semua merupakan perendahan terhadap Harga Diri.
Nah, Yang ingin saya bahas adalah Bagaimana harga diri tersebut bisa menjadi rendah.

Baik disini saya akan langsung membahas penyebab Harga Diri bisa direndahkan :



1. Menyerah dengan Diri Sendiri


Kenapa ? Karena Harga Diri kita tidak akan bisa direndahkan oleh siapapun, kecuali jika sobat-sobat kelontong sekalian yang memberikan / menyerah terhadap diri anda sendiri, dan membiarkan harga diri kalian di injak-injak oleh para-para pembully tersebut. Buktikan ! Tutup mulut mereka ! Kerja Keras ! Sukses !.

2. Anda tidak mencintai diri sendiri


Ini adalah hal paling simple, langsung saja. Bagaimana orang bisa Menghargai Diri anda sedangkan anda yang memiliki tubuh anda sendiri tidak menghargai diri anda sendiri ?. Mari mulai dengan langkah awal yaitu mencintai Diri anda.

3. Anda tidak mencintai Hidup anda


Disini sama dengan kejadian No.2. Ada seseorang ahli Filosofi mengatakan di Bumi ini ada Hukum sebab akibat. Bagaimana anda bisa mencintai hidup anda jika diri anda sendiri aja tidak bisa mengakuinya bahwa anda itu spesial.

Apa sih Hukum Sebab Akibat itu ? Saya ambil contoh Sebab kalian tidak mencintai hidup kalian, kalian merasa bahwa kalian adalah makhluk paling sengsara di dunia ini, dan sesuai harapan kalian akibatnya anda akan selalu menjadi sengsara dan paling tidak dihargai. Jadi ubahlah cara pikir kita. Karena semua itu sesuai apa yang anda pikirkan.

4. Anda merendahkan orang lain


Sesuai hukum sebab akibat. Jika anda merendahkan orang lain, ada saatnya anda akan direndahkan orang lain juga. Karena Hukum Sebab Akibat ini bersifat mutlak, dan pasti akan terjadi baik di masa sekarang maupun yang akan datang. Percayalah dengan Karma !


Ada sebuah cerita Kisah Nyata pada saat perbedaan ras kulit hitam dan kulit putih masih kental di negara Amerika. Ini merupakan film kisah nyata berjudul " Glory Road ", bertema olahraga Basket yang pada saat itu orang kulit hitam dilarang bermain basket, tetapi ada seorang pelatih yang bersikeras bahwa Orang kulit hitam juga berhak bermain basket.

Karena keinginan pelatih tersebut ya direkrut-lah pemain berkulit hitam tersebut. Dan yang terjadi Tim tersebut menjadi tidak terkalahkan, tapi semua itu pupus ketika suatu ketika mereka dibully habis-habisan oleh penonton kulit putih di GOR Basket dan mereka semua direndahkan, diludah-kan, di ejek-ejek.

Sehingga permainan mereka menjadi kacau dan Itulah kekalahan pertama mereka, karena sebelumnya mereka bermain kompak dengan pemain kulit putih di Timnya, karena masalah pembullyan tersebut terjadi perpecahan dalam timnya sehingga tidak menjadi kompak lagi. Setelah itu mereka semua masuk ke dalam Ruang Istirahat dan membicarakan semua keluh kesah mereka.

" Coach, Saya tidak bisa bermain dengan keadaan seperti ini, saya merasa Harga Diri saya direnggut dan direndahkan oleh mereka semua ( Kulit Putih ) " Ucap salah satu pemain kulit hitam

" Nak, Saya katakan dengan anda secara serius TIDAK ADA YANG BISA MERENGGUT HARGA DIRI DALAM DIRI KALIAN, HARGA DIRI KALIAN ANDA ADA DALAM SINI ( Menunjuk Dada ) " Coach

" Tapi Coach, saya merasa mereka menginjak-injak HARGA DIRI kami " Ucap lagi pemain lain

" TIDAK ADA YANG BISA MERENGGUT HARGA DIRI KALIAN, KECUALI JIKA KALIAN SEMUA YANG MEMBERIKAN HARGA DIRI KALIAN DAN MENYERAHKAN DIRI KALIAN KEPADA MEREKA " Dengan suara Lantang ( Coach ).


Nah, sobat kelontong. Sebenarnya artikel ini yang saya buat terinspirasi dari Film tersebut " Glory Road " Nanti saya masukkan ke artikel selanjutnya. Memang ya sobat kelontong, kalau masalah harga diri ini tidak ada akan pernah habisnya. Jadi tetaplah tegap kepala kalian sobat kelontong, ketika kalian direndahkan bahkan dibully. Jadikan mereka semua sebagai amplas yang akan membuat anda semakin tajam dan mereka semua menjadi tidak berguna.


Gunakan ucapan mereka sebagai motivasi anda. Sekian ya sobat kelontong, mungkin bisa di tambah penyebab harga diri bisa direndahkan yang ada di artikel diatas. :) di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar