Selasa, 21 Juli 2015

Sejarah dan Pengertian Permainan Olahraga Bola Basket Secara Singkat

Selamat siang sobat kelontong semua, disini saya akan membahas Sejarah Permainan Bola Basket secara singkat, ingat saya disini hanya membahas sejarah. Dan mungkin untuk Teknik dan Cara bermain akan saya bahas di artikel lain.


Sebenarnya untuk artikel ini sudah banyak tersedia di google, wikipedia, dan di blog bahkan website-website besar lainnya. Tetapi disini saya akan membahasnya secara berbeda. Dengan menggunakan rumus 5W + 1 H ( What, Where, Who, Why, When dan How ) agar lebih simpel.

Dengan menggunakan rumus tersebut akan lebih mudah di ingat dan yang pastinya akan lebih asik deh dibanding kita hanya baca-baca biasa sekedar lewat. Baik saya mulai langsung

Sejarah Permainan Bola Basket


1. What


Apa sih Bola basket itu, Tau tidak sobat kelontong semua ? nanti di komentar ya di bawah.
Menurut pengertian saya, 
Bola basket adalah Sebuah permainan bola besar yang dimainkan secara berkelompok yaitu 5 orang, dengan menyerang ke sebuah Ring ( keranjang ) lawan untuk mendapatkan sebuah poin. 

2. Where


Dimana Bola basket ditemukan ? Bola basket di temukan di Di Springfield, Massachusetts.

3. Who 


Siapa penemu Bola Basket ? Bola basket di temukan oleh Dr. James Naismith secara tidak sengaja.

4. Why


Mengapa Bola basket di ciptakan ?
 Karena Dr. James Naismith ini diminta tolong oleh sebuah Perguruan tinggi YMCA ( Wadah pemuda Umat Kristen ) di Springfield, untuk membuat suatu olahraga di ruang tertutup untuk para siswa YMCA pada masa liburan dingin di Inggris ( New England ). Permainan bola basket ini terinspirasi oleh Dr. James Naismith pada permainan yang pernah dia mainkan pada saat kecil di Ontario.

5. When


Kapan Bola Basket di temukan ? Ayo sobat kelontong bisa di jawab tidak ? 

Bola basket di temukan pada tahun 1891, lebih tepatnya 15 Desember 1891. Dan diselenggarakan secara resmi pada tanggal 20 Januari 1892 di Perguruan tinggi tempat Dr. James Naismith mengajar.

6. How


Bagaimana Bola Basket dimainkan ? 
Permainan Basket dimainkan oleh 5 orang pemain inti dan 7 pemain cadangan, dengan total 12 pemain setiap tim. Untuk waktu bermain basket adalah 4 x 10 menit sesuai dengan aturan FIBA ( Federasi Bola Basket Internasional ). Dan setiap babak diberikan waktu istirahat selama 10 menit. Jika terjadi skor seimbang makan akan dilakukan tambahan waktu atau Over Time selama 2 menit. 



Itu adalah beberapa pertanyaan simpel. Dan ada beberapa tambahan lagi yang tidak termasuk dalam artikel diatas, yaitu berat Bola Basket. 
Berat Bola Basket adalah 600-650 Gram. Pantulan ideal untuk bola basket adalah pada saat dipantulkan bola tersebut berhenti di pinggang orang Dewasa atau Remaja. Dan tinggi Ring basket dari tanah sampai keatas adalah 3,05 meter. 

Sekian penjelasan yang bisa saya berikan kepada sobat Kelontong sekalian. Jika kurang jelas bisa di tanyakan di kolom Komentar.

Oh iya, saya menulis artikel ini karena saya sendiri adalah penggemar bola basket karena permainan ini asik sekali, karena bisa mendapatkan banyak teman baik di tempat kita tinggal maupun di luar provinsi kita tinggal.

2 komentar: