Kamis, 23 Juli 2015

[Info] Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Mudah Secara Online

Pasti banyak yang mengatakan bahwa mencari kerja adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi ketika sobat kelontong semua membaca artikel ini, pernyataan seperti itu tidaklah lagi berlaku. Karena saya memiliki Tips untuk mencari kerja secara online maupun tidak.

Sebelum saya memulai artikel ini ada beberapa hal yang harus di-terapkan dalam diri sobat kelontong semua, yaitu :


1. Tetapkan Tujuan.


Sobat kelontong semua harus memiliki tujuan, yaitu mencari kerja. Jangan hanya bersantai dirumah dan menunggu orang mengatakan, " Mau kerjaan tidak ? ".

Disini mencari kerja bukan seperti menunggu durian jatuh. Kita harus membuat aksi kita sendiri, karena jika hanya berharap, semua itu tidak akan tercapai.

2. Percaya Diri.


Percayalah sobat kelontong semua, bahwa kita memiliki kualitas yang memadai pada saat kita melamar pekerjaan nanti, karena jika kita tidak percaya maka semua menjadi berantakan.

3. Pilih sesuai dengan passion.


Jangan pilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion sobat kelontong semua, karena nanti malah menjadi tidak semangat melaksanakan pekerjaan-nya.

Ini adalah Tips Mencari Lowongan Pekerjaan :

1. Ikut JobFair


Jobfair ini merupakan sebuah pameran perusahaan yang ingin merekrut karyawan. Jobfair ini termasuk mudah, karena kita tinggal masukkan saja surat lamaran kita ke stand-stand perusahaan yang tersedia di Jobfair tersebut. Tentunya kita harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Jika sobat kelontong semua tidak mengetahui jadwal jobfair, bisa di cek kok di Google.

2. Daftarkan Surat Lamaran di Media Online


Sudah banyak website-website yang menyediakan lowongan kerja, Contoh :

  1. - www.jobstreet.com
  2. - www.Jobsdb.com
  3. - www.indojobhunter.com


Di website tersebut sobat kelontong hanya perlu memilih bagian apa yang ingin kita ambil dan daerah mana yang kita inginkan ? Kemudian tinggal isi aplikasi yang tersedia dan Upload CV. Jangan lupa untuk mendaftarkan E-Mail kita ke website-website diatas tersebut, agar kita mengetahui perusahaan mana yang membutuhkan karyawan baru, karena kita akan di email perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan karyawan sesuai dengan keinginan yang kita tulis di aplikasi diatas.

3. Media Cetak


Banyak sekali media cetak yang menawarkan lowongan kerja, baik secara iklan baris maupun iklan gambar. Jadi manfaatkan sepenuhnya koran yang sobat kelontong baca ya. Mana tau ada yang sesuai dengan keinginan sobat kelontong.

4. Perluas Pertemanan.


Perbanyak teman sobat kelontong sekalian, karena jika sosialisasi kita luas, maka secara tidak sengaja jika teman sobat kelontong sekalian tahu bahwa sobat kelontong sedang mencari kerja, mereka tidak akan segan untuk memberitahu sobat kelontong sekalian bahwa ada lowongan pekerjaan.

Jadi, jangan gengsi ya sobat kelontong, kita harus pandai bersosialisasi.

5. Gabung Grup Facebook.


Facebook bukan hanya sebuah wadah sosial media untuk mencari teman-teman. Kita bisa juga mencari lowongan pekerjaan di Grup-grup yang telah tersedia. Cari grup yang bertema Lowongan Kerja, Bursa Kerja, dll yang berhubungan dengan pekerjaan.

6. Cek Website Perusahaan Besar.


Biasanya untuk perusahaan-perusahaan besar sudah menyediakan tersendiri recruitmen di website-nya.
Contoh Perusahaan besar :

  1. - Pertamina
  2. - Unilever
  3. - Petrokimia, dll.

7. Cek JPC ( Job Placement Center )


Biasanya di website tiap kampus yang baik, ada website yang menyediakan lowongan pekerjaan.
Contoh JPC :

  1. - JPC UGM
  2. - JPC UI
  3. - JPC UB, dll



Nah, kira-kira itu artikel yang bisa saya sharing ya sobat kelontong. Ayo, yang menginginkan pekerjaan jangan hanya berharap saja, sobat kelontong harus melakukan sesuatu, walaupun kita sudah berdoa, Tuhan tidak akan memberikan begitu saja. Kita yang memutuskan apakah kita ingin mendapatkan pekerjaan atau tidak, setelah itu barulah serahkan semuanya kepada yang Kuasa.


Sumber : Kaskus (danytrikusuma).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar