Kamis, 23 Juli 2015

Manfaat Kulit Telur Untuk Kecantikan Dan Mengsuir Hama

Manfaat Kulit Telur

Telur merupakan makanan yang pasti sangat dekat dengan kita semua. Jika kamu gemar mengkonsumsi telur, pasti kita semua cenderung untuk membuang cangkang atau kulitnya.
Sepertinya kulit telur tersebut tidak berguna dan tidak mempunyai fungsi apa-apa sehingga dianggap sebagai sampah. Seperti habis manis sepah dibuang.
Jadi, mulai sekarang harus dipikir-pikir dulu sobat kelontong, sebelum membuang kulit telur yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya untuk mengusir Hama dan sebagai Kecantikan.

Beberapa Manfaat Kulit Telur Untuk Kecantikan dan Mengusir Hama :

1. Untuk Mengusir Hama


Bagaimana caranya ? Kulit telur bisa membasmi hama, dan yang pastinya lebih alami, karena tidak ada bahan kimia dalam kulit telur ini. Ini adalah beberapa langkah-langkahnya :

- Keringkan dan Giling Kulit Telur
Pertama biarkan kulit telur kering. Setelah itu, baru Anda giling untuk menghancurkannya menjadi bubuk atau serbuk.
Lalu, taburkan bubuk kulit telur itu langsung pada hama yang Anda temui di taman rumah.

Jenis hama yang bisa diusir : Tikus, kecoak, semut. Jika terkena bubuk kulit telur, hama tersebut akan langsung menggeliat. Mereka akan bergerak untuk beberapa waktu, berputar dan berbalik dan akhirnya mereka akan mati.

Taburkan Pada Daun
Taburkan Juga pada Daun. Taburkan bubuk kulit telur daun tanaman favorit Anda yang telah rusak diserang hama.
Ini juga merupakan salah satu cara menggunakan kulit telur untuk pengendalian hama. Karena hama akan menjauh dari daun tersebut dan membunuh hama lainnya yang menempel di atas daun.

2. Sebagai Pupuk

Ternyata kulit telur kaya akan kalsium. Jadi, kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman. Caranya yaitu hancurkan cangkang sampai menjadi beberapa potongan kecil, lalu taburkan di area yang akan di tanami.

3. Sebagai Pupuk Alami

Cangkang telur mengandung berbagai macam jenis mineral. Anda bisa menggunakan cangkang telur untuk menyuburkan tanah, caranya adalah :
• Hancurkan cangkang telur hingga menjadi lebih lembut
• Masukkan cangkang telur ke dalam pot-pot kemudian tutupi dengan tanah
• Tanaman seperti buah, sayuran atau bunga bisa menjadi sangat subur.

4. Sebagai Perawatan Kulit

Khasiat lain dari kulit telur adalah keampuhannya melawan penuaan dini dan membuat kulit bersinar. Caranya, haluskan cangkang telur dan campur dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah 5 sampai 10 (sampai kering), bilaslah dengan air dingin untuk mendapatkan wajah yang bercahaya dan kulit wajah yang lentur.

5. Masker Wajah

Ini dia yang banyak digunakan oleh para ladies untuk tampil cantik. Cangkang telur digunakan untuk masker wajah agar kulit wajah menjadi kencang. Caranya yaitu halus-kan cangkang kemudian campur dengan putih telur, lalu oles ke wajah, tunggu sampai kering, kemudian bilas sampai bersih.

6. Melembutkan Kulit Wajah

Anda juga bisa memakai bubuk cangkang telur menjadi masker. Efek dari cangkang telur akan membentuk lapisan yang lebih lembut pada kulit wajah. Caranya adalah :
• Larutkan bubuk cangkang telur dengan sedikit putih telur yang masih segar
• Gunakan pada bagian wajah hingga terasa ketat dan kering pada wajah
• Bersihkan dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat
Kulit akan tampak lebih lembut setelah melakukan perawatan aktif selama tiga kali dalam seminggu. Tapi cara ini sangat dilarang untuk kulit wajah yang sedang berjerawat.

Setelah manfaat-manfaat yang telah saya berikan, kali ini saya akan memberikan Cara membuat Bubuk Cangkang Telur yang alami :
  • Pilih Jenis Cangkang telur yang berkualitas. Kalau bisa Ayam kampung yang tidak kena suntik.
  • Kemudian, bershikan telurnya, disarankan jangan merusak membran tipis bagian dalam telur
  • Rebus cangkang tersebut selama 15 menit.
  • Diamkan cangkang tersebut selama 5 jam di tempat yang bersih.
  • Panggang dalam oven yang bersuhu 200 Derajat celcius.
  • Giling Cangkang telur dan letakkan di tempat yang steril.
Jadi, banyak kan manfaat cangkang telur yang kita biasa anggap sebagai sampah tersebut. Jadi, mulai sekarang saat menggoreng, merebus, memasak jangan terburu-buru membuang cangkang telur tersebut. Manfaatkan sesuai yang ada di artikel diatas.

Sumber : Djon Liem ( Facebook )

Dibaca Juga : 
Tips Memilih Telur Yang Baik
Tips Menggoreng / Merebus Telur Yang Sempurna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar