Rabu, 05 Agustus 2015

Doodle Google Hari Ini, Sejarah Lampu Lalu Lintas

Doodle Google

Hai sobat kelontong, tadi tidak sengaja saya berkunjung ke Tokonya mas Google, eh tidak sengaja juga terlihat doodlenya google hari ini, yang bertema " Ulang Tahun Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama ".

Saya akan membahas dengan 5W + 1H, memang menar sobat kelontong sudah tau apa itu lampu lalu lintas, tetapi hanya tau bukan berarti sobat kelontong mengerti. Disini saya akan menjelaskannya.

Jikalau Lampu lalu lintas tidak ada bisa tau tidak gimana jalanan kita sekarang sobat kelontong ? Wah... Pasti banyak pertumpahan darah di jalanan, terjadi perkelahian dan yang pastinya kematian yang meningkat.  Hahaha..

Penjelasan Lampu Lalu Lintas :

1 . APA Itu Lampu Lalu  Lintas dan APA Tujuannya ? ?

Lampu Lalu Lintas menurut UU No. 22/2009 adalah " Lampu yang mengandalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki, dan tempat arus lalu lintas lainnya. "

Bertujuan untuk menghindari hambatan adanya perbedaan arus jalan dari kendaraan ( Biar gak macet gitu ) dan Mengurangi tingkat kecelakaan.

2. SIAPA Penemu Lampu Lalu Lintas ?

Lester Farnsworth Wire adalah penemu Lampu Lalu Lintas pertama.

3. DIMANA dan KAPAN Lampu Lalu Lintas Pertama Ditemukan ?

Di London penemuan si Lester pada tahun 1863 tetapi hanya sekedar sinyal Stop Dan Go dan sinyal ini tidak efektif digunakan pada saat itu .

Kemudian Morgan menemukan ide yang memberikan kontribusi yang sangat besar, karena Lampu ini memiliki 3 buah lampu, yaitu Merah ( Berhenti ), Kuning ( Hati-Hati ), Hijau ( Jalan ). Sehingga angka kecelakaan dapat diminimalisir.

Sebelumnya, tidak ada lampu kuning, karena tidak ada interval waktu bagi kita pengendara kendaraan sehingga masih banyak terjadi kecelakaan.

4. MENGAPA Lester Farnsworth Menciptakan Lampu Lalu Lintas ?

Sebenarnya sih simpel sobat kelontong.. Karena si Lester tidak sengaja melihat kejadian tabrakan antara mobil dan kereta kuda. Kemudian dari sini lah awal cikal bakal Lampu Lalu Lintas kita sekarang yang lebih aman dan efektif serta efisien.

Walaupun banyak yang menerobos Lampu Lalu Lintas yah.. Hahahaha..


5. BAGAIMANA Perkembangannya Sekarang Dan Pengoperasiannya ?
Actuated Traffic


Pengoperasiannya terbagi 2, yaitu :

1. Fixed Time Traffic Signal : Lampu Lalu Linntas yang pengoperasiannya menggunakan waktu yang tepat dan tidak mengalami perubahan. ( Seperti kita sekarang ini sobat kelontong )

2. Actuated Traffic Signal : Lampu Lalu Lintas yang pengoperasiannya dengan pengaturan waktu tertentu dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai kedatangan kendaraan dari berbagai persimpangan. ( Kalau yang ini tanpa timer )

Perkembangannya :

1. Perkembangan Lalu Lintas ini cukup Panjang, dari tahun 1868 Di Inggris Sampai 1927 di Wolverhampton (Inggris).

2. Lampu Lalu Lintas dioperasikan dengan otomatis dan diperkenalkannya pada Tahun 1922 bulan Maret di Houston, Texas.

3. Tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas .

4. Tahun 1920, Seorang polisi membuat 3 warna lampu lalu lintas yang bernama William Potts, di Detroit Michigan.

Sumber :
Google
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar