Kamis, 06 Agustus 2015

Ternyata Hal Ini Yang Menyebabkan Mata Minus


Mata Minus

Sobat kelontong. Di perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang, kita tidak bisa terlepas dari yang namanya Gadget, Smartphone, Komputer, Ipad, dll. Karenanya hal itu dapat menyebabkan " Mata Kita Menjadi Minus ". Dikarenakan kita hanya menatap layar terus-menerus tanpa ada istirahat.

Pada dasarnya mata kita berkedip selama 18 kali setiap menitnya. Tetapi akibat kecenderungan kita yang fokus dengan smartphone, Komputer, Ipad, dll. Frekuensi kedipan mata tersebut menjadi berkurang yang biasanya 18 mungkin sekarang 13 atau bahkan 10. Dikarenakan kita selalu fokus terhadap gadget tersebut. 

Efek yang dirasakan adalah Mata Merasa Lelah, Mata menjadi Gatal, bahkan yang parahnya bisa merasakan sensai seperti terbakar pada mata karena kepedihan melihat layar secara terus menerus.

Saya akan menjelaskan terlebih dahulu, sebelum saya memberikan Tipsnya. 


Digital Eye Strain

Jadi, Efek yang kita rasakan seperti Mata Gatal, Sensasi terbakar, lelah itu disebut dengan Digital Eye Strain atau Disebut Computer Vision Syndrome, yang artinya " Ketidaknyamanan secara fisik yang dirasakan oleh mata ketika kita menghabiskan waktu 2 jam atau lebih menatap ke layar digital ".

Tips :

1. Pakai Aturan 20/20/20
Tips 20 20 20

Aturan 20/20/20 artinya adalah Istirahatkan mata setiap 20 menit dan lihat objek yang berjarak 20 kaki ( 6 meter ) selama 20 detik. Baru setelah itu lanjutkan aktivitas selanjutnya. Kalau takut lupa bisa menggunakan alarm juga, tidak masalah jika itu untuk kesehatan sobat kelontong.

2. Kurangi Efek Glare
Efek Glare

Efek Glare adalah efek seperti cermin yang menyebabkan cahaya dari luar terpantul di layar sehingga menyebabkan mata kita harus terfokus lebih berat. Efek ini sangat menganggu karena membuat mata kita bekerja lebih keras dan lebih fokus.

Solusinya jangan membelakangi cahaya, dan pakai Anti Glare jika bisa.

3. Ganti CRT Ke LED

CRT Ke LED

Bagi sobat kelontong yang menggunakan monitor zaman dahulu tidak heran dengan CRT, yaitu monitor tabung. Saran saya bagi sobat kelontong semua lebih baik mengganti Monitor CRT ke LED jika sobat kelontong mecintai mata sobat kelontong.

Karena, LED memiliki refresh rate lebih tinggi dibanding CRT yang hanya 60Hz, sehingga mengurangi kedipan mata kita. Kedipan yang terlalu sering dapat mengakibatkan mata menjadi lelah.



Nah sobat kelontong dan bagi saya juga, mari kita cintai mata kita dengan mengikuti tips-tips tersebut. Karena banyaknya pekerjaan yang membuat kita lupa akan kesehatan diri kita. Seperti, megejar deadline, tugas, dll. Mari, sebelum terlambat kita perbaiki kebiasaan kita.

Dan tidak heran sobat kelontong anak-anak zaman dahalu jarang ada yang terkena penyakit seperti ini dibanding zaman sekarang anak yang hanya tau bermain gadget. Perbandingan sangat jelas antara anak zaman dahulu dan zaman sekarang dari kebiasaan, pola hidup, imajinasi. 

Saya bangga menjadi anak kelahiran tahun 90-an karena saya masih bisa merasakan hidup tanpa gadget selama beberapa tahun. Yang lahir tahun 90-an komen ya sobat kelontong.. :)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar