Selasa, 25 Agustus 2015

Penjelasan Kenapa Rupiah Menjadi Melemah




Sobat kelontong, berapa Kurs Rupiah hari ini ? Mungkin sedikit terkejut ya ? Karena ini merupakan perlambatan ekonomi terburuk dari tahun 98. Yang menjadi pertanyaan nya adalah " Kenapa Rupiah Bisa Melemah " ? Siapa yang harus disalah kan ? Apakah mamang bakso ?

Sebenar nya, faktor utamanya adalah karena perbaikan ekonomi Amerika Serikat. Jadi gini cerita nya sobat kelonotng, Ekonomi AS kan sedang terpuruk pada tahun 2008. Jadi mereka memperbaiki ekonomi mereka dengan berbagai cara kebijakan dan hasil nya adalah yang kita rasakan Dollar Menguat. Sebenar nya semua mata uang asing juga tertekan dan salah satunya adalah Rupiah.

Cara Apa Yang Digunakan Amerika Meningkatkan Ekonominya ?



1. Menyuntikkan Dana Stimulus ( Quantitative Easing )

Disini Amerika memproduksi atau memompa dollar baru terus, yang fungsi nya untuk memutar ulang perekonomian mereka. Tujuan nya adalah untuk para investor yang digunakan untuk di investasikan ke negara berkembang seperti Indonesia.

Setelah mereka melakukan Hal ini, lanjut ke Cara ke 2 lagi.

2. Kebijakan Tappering Off ( Memotong Dana Stimulus )

Setelah ekonomi Amerika membaik, Amerika memotong dana stimulus tersebut, karena Dana stimulus dipotong maka banyak investor yang segera pulang kampung ke Amerika. Yang mengakibatkan Jumlah dollar menjadi sedikit dan nilai nya menjadi berharga.

Dan efek nya mengakibatkan tertekan nya mata uang global, khususnya negera berkembang, seperti NEGARA TERCINTA KITA.


Efek dari menguatnya dollar, perekonomian global menjadi lesu. Cinta juga terkena efek ekonomi yang melambat dan masih banyak faktor yang lain lagi. Efek yang kita rasakan adalah ekspor andalan kita seperti batu bara, kelapa sawit dan karet menjadi sepi peminat. Dan akibatnya Neraca perdagangan kita anjlok, Ekspor kita kurang sedangkan impor terus dilakukan.

Intinya pelemahan Rupiah disebabkan dari perbaikan ekonomi Amerika. Setelah membaca artikel dan video ini, mulai sekarang jangan salahkan mamang bakso lagi ya sobat kelontong.. Hehehehe


sumber :
https://www.youtube.com/watch?v=sB7fSPbYFJg
https://kokbisachannel.wordpress.com/2015/08/23/kenapa-rupiah-melemah-explained/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar