Minggu, 30 Agustus 2015

4 Tips Untuk Menilai Kelayakan Suatu Informasi

4 Tips Untuk Menilai Kelayakan Suatu Informasi

Sobat kelontong.. Di saat ini banyak sekali layanan informasi yang beredar di Internet. Dan masalah nya adalah ketika informasi tersebut beredar, apakah Informasi tersebut bisa dipercaya ? . Sayangnya tidak sobat kelontong...

Yang dimana Informasi yang kita harapkan adalah, informasi tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam kita bertindak, menilai serta mengerti. Tapi apa jadi nya jika suatu Layanan Informasi menyediakan yang tidak sesuai apa yang terjadi ? Alias HOAX ?


Dan saat ini, banyak sekali website yang menyediakan Informasi yang tidak Netral alias ada yang membeli satu pihak. Sehingga kita tidak tahu kebenarannya apakah memang betul ? Disini saya tidak akan memberi tahu website tersebut dikarenakan tidak etis. Tapi tenang sobat kelontong, saya akan membagikan 

Tips Untuk Tidak terjebak dalam Informasi Tersebut :


1. Baca Terlebih Dahulu

Baca dulu sobat kelontong informasi nya. Baca sampai tuntas jangan setengah-setengah karena bisa menimbulkan prasangka buruk karena tidak baca sampai habis. Karena kebanyakan informasi yang asli adalah terletak pada akhir artikel, apakah informasi tersebut Layak atau Tidak.
Apakah Sekolah Itu Penting ?

2. Dipilah Informasi Tersebut

Ketika dibaca sampai tuntas sobat kelontong, pilah dahulu yang menurut kita Informasi tersebut tidak sesuai apa yang kita ketahui. Atau ingat dulu, dan lanjutkan terus membaca sampai habis. Setelah habis yang tadi kita PILAH kita cek lagi dari sumber yang berbeda.
Benarkah Kita Telah Merdeka Selama Ini ?

3. Dinilai Benar Atau Tidak

Sobat kelontong, setelah kita baca sampai habis, dan kita pilah informasi tersebut dengan sumber yang berbeda dan akurat yang benar-benar terjadi. Nilai lah informasi tersebut, apakah Informasi tersebut benar atau tidak ?
GO-JEK Berpenghasilan 15 Juta se bulan ?
4. Cek Referensi Atau Sumber Berita

Ingat sobat kelontong, setelah sobat kelontong menilai informasi tersebut tetap lah ada sumber / referensi yang menjadi panutan sobat kelontong dalam menilai tersebut benar atau tidak. 


Catatan
Nah sobat kelontong, bijak lah dalam memilih informasi. Karena banyak yang hanya membaca informasi yang satu tanpa ada pertimbangan dari 4 Tips diatas. Yang mengakibatkan terjadinya salah kaprah sehingga bisa menjadi anarkis.


Baca Juga :
3 Investasi Terpenting Dalam Hidup
Pekerjaan Menambah Gaji Bulanan
3 Langkah Mudah Indonesia Bebas Banjir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar