Sabtu, 08 Agustus 2015

5 Langkah Kecil Mengubah Dunia Menjadi Lebih Sehat

Langkah Kecil Mengubah Dunia

Mungkin ketika sobat kelontong membaca judul diatas langsung berkata " Wah ? Mengubah dunia ? Apakah Bisa ". Tentu nya bisa jika hal ini sobat kelontong lakukan dengan rutin dan yang pasti dengan sadar.

Saya menulis artikel ini karena sudah beberapa hari yang saya lewati ini bukan seperti 7 tahun yang lalu saya lewati hari demi hari nya. Karena dari hari ini ( sekarang ) panas semakin panas, musim sudah tidak pada musimnya.

Karena itu lah. Saya ingin mengajak teman kelontong sekalian untuk melakukan hal kecil SEDERHANA saja, yang pasti jika dilakukan oleh semua orang nanti akan menjadi hal yang berdampak besar.
Langkah Kecil Mengubah Dunia :

1. Buang Sampah Pada Tempatnya

Langkah Kecil Mengubah Dunia

Ini merupakan hal sulit, karena banyak nya kesadaran masyarakat akan kebersihan. Contoh saja waktu saya dijalan, saya ada melihat pengemudi yang membuang kulit jeruk ( sampah ) ke jalanan. Bagaimana jika 10 pengendara ikutan membuang sampah juga ?

Memang tidak masalah ada 10, tetapi bagaimana jika itu tertiup angin dan masuk ke saluran air ?. Maka akan terjadi banjir, dan yang lucu nya lagi kita menyalahkan pemerintah. Hahaha

2. Buang Sampah Plastik Pada Tempatnya

Tips Mengubah Dunia

Ini juga berguna, karena banyak air di lautan yang sudah tercemar, air di sungai sudah tercemar. Karena kita membuang sampah plastik bukan pada tempatnya. Karena sampah plastik memiliki racun yang berbahaya jika tidak diolah.

Di lautan sudah banyak terdapat sampah plastik yang tidak di urai kembali, dan dampaknya air tersebut bisa menjadi racun. Dan parahnya lagi secara tidak sadar memakan sea food kita juga memakan racun dari sampah plastik tersebut.

Proses : Sampah Plastik tidak di urai - Berdiam di laut - Mengeluarkan racun - Dimakan plankton - Dimakan Ikan kecil - dimakan ikan besar - Dimakan Manusia.


Langkah Kecil Mengubah Dunia

Salah satunya adalah mengganti lampu hemat energi, beberapa contoh Lampu Hemat Energi adalah LED, karena bisa menghemat energi sebesar 80-90%. Anda pasti bingung kenapa harus hemat energi ?

Menurut saya, Indonesia masih menggunakan energi listrik yang bersumber dari batu bara, dan Energi tersebut di output menjadi Asap ( Polusi udara yang mengakibatkan pemanasan global ). Tapi jika suatu saat Indonesia sudah menggunakan energi alam tidak masalah.

4. Kurangi Pemakaian Kendaraan Perbanyak 

Langkah Kecil Mengubah Dunia

Banyak sobat kelontong, bahkan saya masih menggunakan kendaraan dengan hal tidak penting, seperti hanya ingin mencari angin. Ingin cuci mata, dll. Padahal kita bisa berjalan kaki yang selain mengurangi polusi berjalan kaki juga bisa menyehatkan. Atau menggunakan kendaraan umum ?

Kendaraan bermotor menghasilkan karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global. Itulah yang membuat sekarang menjadi bertambah panas dan Musim tidak sesuai bulan nya lagi.

5. Kurangi Pemakaian Listrik Yang Tidak Penting

Langkah Kecil Mengubah Dunia

Ini juga masih kurang nya kesadaran masyarakat karena ke egoisan mereka. Matikan lah lampu ketika sudah tidak dipakai lagi, tapi buktinya masih banyak masyarakat yang tidak melakukan hal sederhana itu.

Mereka mengatakan " Saya kan bayar listrik ! Hak saya donk ! " . Itu merupakan ke egoisan yang buruk. Tidak masalah jika hanya ada 10 orang seperti itu tapi bagaimana jika 10% saja ada yang seperti itu sobat kelontong ? Bisa dibayangkan ?


Ini merupakan hal sederhana ! Tapi ingat ini juga mudah. Yang sulit adalah ketika sobat kelontong tidak sadar dengan keadaan sobat kelontong. Orang membuang sampah sembarangan karena mereka tidak sadar mereka ada dimana sekarang ?

Jika sobat kelontong semua sadar bisa melakukan hal sederhana ini ? Dan dilihat orang, orang tersebut juga mengikuti kebiasaan seperti sobat kelontong dan terus menular ? Ini merupakan hal yang berdampak besar bagi dunia bukan sobat kelontong sekalian ?

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar